AKREDITASI 2023

 


"SLB Wiyata Dharma 1 Sleman" .....

"Berkarakter ... Unggul ... Mandiri ... Yessss"!

Assalamualaikum  Wr Wb.

Sudah menjadi kewajiban bagi sekolah baik itu sekolah negeri maupun swasta untuk melaksanakan akreditasi sekolah. Akreditasi sekolah dilakukan untuk menilai kinerja sekolah dalam 5 tahun terakhir, apakah baik atau mengalami kemunduran kinerjanya.

Setelah diundur 1 tahun dan mendapat perpanjangan akreditasi sampai awal 2024, akhirnya tahun ini SLB B Wiyata Dharma 1 Sleman mendapat jatah visitasi dari tim asesor Badan Akreditasi Nasional. Jadwal visitasi sudah ditentukan selama 2 hari yaitu hari Rabu dan Kamis tanggal 9 dan 10 Agustus 2023. Untuk petugas asesor sendiri adalah beliau Bapak H. Sardiyana, S.Pd. MA dan Ibu B Bremaniwati, S.Pd. M.Pd.

Selama beberapa minggu kami seluruh warga sekolah SLB Wiyata Dharma 1 Sleman, mulai dari kepala sekolah, guru, tenaga kependidikan bekerja menyiapkan semua dokumen-dokumen yang dibutuhkan selama visitasi akreditasi. 

First Day,

Dan ... tibalah waktu yang kita nantikan, hari visitasi akreditasi tiba. Pagi-pagi sekali pukul 06.15 WIB beliau kedua asesor Bapak Sardiyana dan Ibu Bremaniwati sudah tiba di sekolah SLB Wiyata Dharma 1 Sleman. Untunglah pagi tersebut di sekolah sudah ada beberapa guru yang telah datang menyambut beliau kedua asesor.

Kemudian pada pukul 07.30 Bapak Sardiyana dan Ibu Bremaniwati disambut secara meriah oleh seluruh warga sekolah di halaman tengah, menuju ruang pertemuan SLB.

(Terlihat guru dan siswa bersiap menyambut Bapak H. Sardiyana, S.Pd. MA dan Ibu B Bremaniwati, S.Pd. M.Pd.)


(Bapak H. Sardiyana, S.Pd. MA dan Ibu B Bremaniwati, S.Pd. M.Pd disambut dengan pemberian buket bunga dan tarian kubro siswo diarak menuju ruang pertemuan)


Acara sendiri dimulai dengan temu awal di ruang pertemuan SLB Wiyata Dharma 1 Sleman, dengan diawali doa, menyanyikan lagu Indonesia Raya, sambutan tim asesor, sambutan kepala sekolah, dan penutup.

Kemudian tim asesor menjelaskan teknis pelaksanaan visitasi hari pertama ini, yaitu pertama pencocokan nilai IPR sekolah oleh asesor. Dalam hal ini asesor meminta kepala sekolah dan operator sekolah untuk maju terlebih dahulu.

(Tim asesor melakukan pencocokkan nilai IPR sekolah pada sispena dengan kepala sekolah Bapak Edi Surata dan operator sekolah Bapak Maksum Mugi Laksana)


Setelah selesai mencocokkan nilai IPR, kegiatan berlanjut dengan wawancara asesor terhadap kepala sekolah Bapak Edi Surata, S.Pd. Dalam hal ini kepala sekolah diwawancarai terkait tugas-tugas maupun dokumen-dokumen sekolah. Pada kegiatan ini kepala sekolah dibantu dua orang guru dalam menyiapkan dokumen yang dipertanyakan, beliau berdua adalah Ibu Iswarniyatun, S.Pd dan Ibu Defitasari, S.Pd.

Wawancara ini berlangsung sampai pukul 09.30, yang dilanjutkan dengan wawancara terhadap guru terkait dokumen maupun file yang diunggah pada aplikasi sispena. Dalam wawancara ini berlangsung sampai pukul 12.30, yang kemudian istirahat terlebih dahulu untuk sholat maupun makan siang.

Wawancara dengan guru oleh tim asesor (ka-ki : Bpk. Maksum, Ibu Defitasari, Bpk. Makruf, Ibu Iswanti, dan ibu Sari "emmm moon maap punggungnya belum dikondisikan 😂😂")


Setelah istirahat kegiatan visitasi dimulai kembali dengan tim asesor meminta untuk wawancara dengan komite sekolah dan wakil orang tua siswa. Dalam hal ini komite diwakili oleh ketua komite sendiri yaitu Bapak Saidjo, untuk wakil orang tua siswa diwakili oleh Ibu Reny dan Ibu Karsih.

Kegiatan hari pertama ini berlangsung sampai pukul 14.00 WIB, kedua asesor pamit dengan diiringi oleh seluruh guru dan siswa sampai gerbang depan sekolah.

Day Two,

Pada hari kedua ini tim asesor tiba di sekolah pada pukul 06.30 WIB, bapak ibu guru sudah sigap dan ready di sekolah menyambut dan memberikan pelayanan yang maksimal. Agenda kegiatan hari kedua ini adalah observasi pembelajaran, wawancara dengan tenaga kependidikan, dan wawancara dengan perwakilan siswa.

Kegiatan di sekolah seperti biasa diawali dengan apel pagi, kemudian dilanjutkan dengan literasi selama 15 menit, kemudian masuk ke kelas untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Tepat pukul 07.30 WIB kegiatan visitasi dimulai dengan kedua asesor melakukan observasi pembelajaran di dua kelas bawah dan kelas atas yang diwakili kelas 4 SDLB untuk kelas bawah, dan kelas 11 SMALB untuk kelas atas. Ibu Bremaniwati mengobservasi pembelajaran di kelas 4 SDLB bersama Ibu Defitasari dibantu Ibu Erlina mata pelajaran progsus PKPBI. Sedangkan Bapak Sardiyana mengobservasi pembelajaran di kelas 11 SMALB bersama Bapak Maksum Laksana mata pelajaran membuat poster dengan menggunakan aplikasi canva.

Selesai melakukan observasi beliau kedua asesor meminta untuk wawancara terhadap tenaga kependidikan mulai dari Tata Usaha, Bendahara, Pengelola Sarpras, dan Pengelola Perpustakaan, yang diwakili oleh Ibu Lia Desi, Ibu Sari, Bapak Suparlan, dan Ibu Suhartati.

Kemudian dilanjut dengan melakukan wawancara dengan perwakilan siswa bawah dan kelas atas. Untuk kelas bawah diwakili ananda Fadhil dan Rizki, untuk kelas atas diwakili ananda Dito, Ulin, dan Gemma, dengan dibantu translate Ibu Iswarniyatun.

(Wakl dari siswa saat menunjukkan kemampuan menggunakan chromebook di depan tim asesor saat wawancara, didampingi Ibu Iswarniyatun)

Setelah selesai melakukan wawancara dengan wakil siswa, kegiatan visitasi selanjutnya yaitu kerja mandiri oleh asesor. Dimana asesor melakukan penyimpulan terhadap hasil yang sudah dilaksanakan selama 2 hari tersebut.
Seusai istirahat dan sholat tepat pukul 13.00 WIB tibalah pada acara temu akhir sekaligus penutupan yang berlangsung di ruang pertemuan SLB Wiyata Dharma 1 Sleman. Dalam acara temu akhir tersebut kedua asesor Bapak H. Sardiyana, S.Pd. MA dan Ibu B Bremaniwati, S.Pd. M.Pd memberikan sambutan akhir sekaligus saran-saran demi kemajuan sekolah kedepannya.
Di akhir acara tersebut ananda Ulin memberikan kenang-kenangan berupa dua buah lukisan  untuk kedua asesor.
"Terima kasih Bapak H. Sardiyana, S.Pd. MA dan Ibu B Bremaniwati, S.Pd. M.Pd, semoga SLb Wiyata Dharma 1 Sleman semakin maju dan lebih baik lagi. Amiiin...

Wassalamualaikum Wr Wb.






ALHAMDULILLAH PLONG...


Comments

Popular Posts